Kelinci dan Kura-kura

Disuatu masa, Kura-kura berdebat dengan Kelinci mengenai siapa yang lebih cepat. Akhirnya mereka memutuskan untuk adu lari dan sepakat jalurnya. Kelinci melesat ninggalin Kura-kura. Setelah tahu Kura-kura tertinggal jauh di belakang, kelinci mutusin untuk beristirahat sejenak sebelum lanjut lagi.

"Ah, gue istirahat dulu, ntar kalo si kura-kura dah deket baru gue lari lagi. "Kelinci duduk di bawah pohon dan akhirnya tertidur pules.

Kura-kura akhirnya melalui kelinci yang sedang tertidur dan memenangkan adu lari. Akhirnya Kelinci pun terbangun dan menyadari dirinya telah kalah.

Moral : alon-alon asal kelakon yang akan berjaya.

Karena malu dan kecewa yang mendalam, Kelinci melakukan antisipasi kegagalan. Ia yakin bahwa kekalahannya hanya karena ia terlalu percaya diri, ceroboh dan lalai. "Kalo kemaren gue ngga macam-macam, ngga mungkin gue kalah" pikir Kelinci.

Ditantangnya lah si kura-kura,
"Hei Kura-kura, sini loe. Gue ngga trima loe menang kemaren, ayo kita lomba lagi, sekali ini pasti gue yang menang" .

Si Kura-kura nyantai aja ngejawab, "hayuuuk, siapa takut?" Akhirnya dimulai lomba, dan dari awal lomba Kelinci melesat meninggalkan kura-kura dan terus berlari hingga ke garis finish, akhirnya Kelinci yang menang.

Moral : Yang cepet dan konsisten selalu mengalahkan alon-alon asal kelakon .

Kura-kura panas, dan setelah dipikir-pikir baru sadar kalo dia ngga bakalan bisa ngalahin Kelinci dengan kondisi seperti itu. Ditantangnyalah Kelinci adu lari ke suatu tempat.
"Hei Kelinci, ayo kita lomba lagi. Sekarang kita lewat jalan ini ke sana . Loe berani ngga?"
Ditantang seperti itu, Kelinci langsung mau aja karena udah yakin dia yang bakalan menang, kemaren aja dia bisa menang.

Lomba dimulai dan dengen kencangnya Kelinci berlari meninggalkan Kura-kura.

"Yang penting gue jangan berhenti-berhenti, pasti gue yang bakal menang." pikir Kelinci.
Tidak disangka, ternyata jalan di depan Kelinci terhalang sungai.
"Duh, gimana nih gue nyeberangin nih sungai? Gue ga bisa berenang lagi", termenung si Kelinci mencari jalan untuk menyeberangi sungai.

Lama termenung, akhirnya Kelinci melihat Kura-kura datang dan nyebur berenang di sungai, keluar lagi berjalan pelan menuju garis finish.
Terpaku Kelinci melihat kemenangan si Kura-kura.

Moral : Ketahui loe punya kemampuan dan ubah keadaan sesuai kemampuan yang loe punya.

Ngeliat si Kelinci terpaku sedih, Kura-kura pun menghampirinya dan bilang,
"Sudah…, jangan sedih, besok kita ulangi lagi, tapi kita bareng-bareng."
Esoknya, lomba dimulai lagi, tapi sekarang Kelinci nggendong Kura-kura sampe tepi sungai. Kemudian gantian Kura-kura menggendong Kelinci menyebrangi sungai dilanjutkan kembali Kelinci nggendong Kura-kura sampe garis finish. Hasilnya mereka berdua lebih cepat sampai di garis finish.

Moral : Pinter dan berkemampuan tapi ngga bisa bekerjasama bakalan percuma karena dengan bekerjasama maka kekurangan akan dipenuhi oleh yang lainnya .


Pesan Moral :
Yang cepet dan konsisten selalu mengalahkan yang alon-alon asal kelakon.
Bekerjalah sesuai kemapuanmu.
Kumpulkan sumber daya dan bekerja sebagai tim selalu mengalahkan kelebihan pribadi.
Jangan menyerah bila gagal.
Berlombalah dengan situasi, jangan dengan saingan.



No comments:

Post a Comment