Kisah nyata dibalik kehidupan Oprah Winfrey

Oprah Gail Winfrey atau yang lebih dikenal dengan Oprah Winfrey adalah seorang presenter dan pebisnis sukses di Amerika Serikat. Dia lahir pada 29 Januari 1954 dari pasangan Vernon Winfrey dan Vernita Lee.

Di balik kesuksesannya, wanita ini harus mengalami banyak kejadian pahit yang membentuknya menjadi pribadi kuat seperti sekarang. Kedua orangtuanya bercerai dan membuat Oprah harus tinggal bersama dengan neneknya. Ketika tinggal bersama dengan sang nenek, Oprah kecil dididik dengan begitu keras. Namun berkat didikan keras tersebut, dia sudah mampu berbicara dan berani tampil di depan banyak orang padahal usianya baru tiga tahun.

Saat usianya menginjak enam tahun, Oprah kembali tinggal dengan sang ibu yang telah menikah lagi. Meskipun begitu, kehidupannya pun tidak terlalu membaik karena sang ibu sibuk bekerja dari pagi hingga malam, sehingga dia merasa kurang mendapatkan kasih sayang. Untuk menarik perhatian ibunya, dia bahkan sering kabur dari rumah.

Keadaan tersebut diperparah dengan pelecehan seksual yang dialami Oprah saat berusia sembilan tahun. Hal yang mengerikan tersebut terjadi selama beberapa tahun dan membuatnya hamil pada usia 14 tahun. Dengan menanggung beban psikis yang begitu berat, dia berjuang untuk melahirkan bayinya. Sayangnya, bayi tersebut hanya mampu bertahan hidup selama dua minggu saja.

Titik balik hidup Oprah terjadi ketika dirinya tinggal bersama dengan Vernon, ayahnya. Kepribadian sang ayah yang tegas dan disiplin membuatnya takut sehingga dia bertekad untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Perubahan tersebut tentunya tidak mudah, tapi dengan kebulatan tekad, akhirnya dia bisa melakukannya.

Tak hanya menjadi murid berprestasi di sekolah, Oprah juga berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah. Karena kemampuan berbicaranya di depan publik sangat baik, dia bisa memulai kariernya sebagai penyiar berita di sebuah radio lokal saat berumur 17 tahun. Tak sampai di situ saja, dia kemudian ditarik menjadi pembawa berita di sebuah stasiun TV lokal dan menjadi presenter wanita berkulit hitam termuda di sana.

Pada tahun 1984, dia membawakan acara talk show-nya sendiri, yaitu A.M. Chicago yang membuatnya menjadi semakin terkenal di Amerika. Dua tahun kemudian, dia memulai acara talk-show barunya, The Oprah Winfrey Show yang disiarkan di 126 negara.



Pesan Moral
Hidupmu tidak akan berakhir hanya karena masa lalu yang kelam. 
Jangan terus-menerus terpuruk dan menyesalinya, tapi bangkit dan bersiap menyambut masa depan yang baru

No comments:

Post a Comment